Anak Kecanduan Gadget? Ini Dia 7 Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak

Sekarang semuanya serba teknologi, begitu pula dengan mainan anak. Banyak anak sudah mengenal dan memainkan gadget, bahkan ada yang sampai kecanduan. Saat anak sudah kecanduan gadget, Anda sebagai orang tua pasti bingung mengatasinya bukan?

Nah jika anak Anda susah dipisahkan dengan gadget, tips mengatur anak dan gadgetnya berikut mungkin bisa membantu. Apa saja tips yang dimaksud? Simak penjelasan berikut.

Tips Mengatur Anak dan Gadgetnya

  1. Memberi batasan waktu pada anak

anak anak boleh maen gadget

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjauhkan atau membatasi anak dari gadget. Awalnya mungkin akan terasa sulit karena anak selalu merengek dan jika anak masih balita, anak pasti menangis. Anda juga menjadi tidak tega melihatnya. Namun Anda tidak boleh goyah, tetap teguhkan hati Anda dan berpikir positiflah bahwa yang Anda lakukan juga demi kebaikan sang buah hati.

Pembatasan waktu anak bermain gadget bisa dilakukan secara bertahap. Misal minggu pertama anak masih diperbolehkan bermain gadget selama 3 jam per hari. Jika berhasil, maka minggu selanjutnya dikurangi waktu bermainnya, misal menjadi dua jam per hari. Begitu selanjutnya sampai anak tidak kecanduan gadget lagi.

  1. Memberi syarat jika anak ingin bermain gadget

Cara pertama mungkin akan berhasil jika anak diberi syarat saat ingin memainkan gadget. Syaratnya usahakan berhubungan dengan hal baik tapi tidak disukai anak, seperti belajar, menghafal, atau membantu orang tua.

memberi batasn pada anak

Contoh penerapannya begini, Anda mengambil gadget anak dan menyembunyikannya. Katakanlah pada mereka jika Anda akan memberikan serta memperbolehkan anak bermain gadget saat mereka sudah belajar.

  1. Memberi reward pada anak

Jika anak tetap susah berpisah dari gadget, maka Anda bisa melakukan tips selanjutnya, yaitu memberi reward pada anak. Anda bisa menjanjikan sesuatu yang mereka inginkan dengan syarat si anak mengurangi kebiasaan bermain gadget. Namun jangan terlalu memanjakan juga, turuti keinginan yang masuk akal dan bermanfaat saja. Anda harus pintar-pintar mengendalikan mereka.

  1. Meluangkan waktu untuk anak

memberi reward pada anak

Ketiga tips sebelumnya mungkin tidak akan berhasil jika Anda sibuk dengan diri Anda. Anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tua, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk anak Anda.

Sebenarnya faktor utama anak melarikan diri pada gadget atau suka bermain gadget adalah karena tidak ada hal menarik di sekitar mereka. Mereka bosan sehingga saat gadget hadir dengan segala kelebihannya, mereka langsung jatuh cinta dan tidak ingin dipisahkan.

Nah, jika Anda berada di sekitar mereka dan melakukan hal menarik bersama mereka, mereka pasti akan melupakan gadget bukan? Banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan bersama anak seperti mengenalkan mereka dengan lingkungan, mengajak mereka jalan-jalan, mengasah keterampilan mereka, dan lain sebagainya.

  1. Memberi mainan alternatif

mrmbrti mainan pada anak

Anda juga bisa memberikan mainan alternatif pada anak. Permainan yang Anda berikan harus menarik, bermanfaat, dan tidak hanya satu. Namun tips ini memerlukan banyak dana karena permainan yang diberikan tidak hanya satu. Kenapa tidak hanya satu? Karena anak mudah bosan, jadi mereka pasti akan kembali pada gadget jika sudah bosan dengan permainan barunya.

  1. Mengajak anak bersosialisasi dengan teman sebayanya

Selain untuk mengurangi intensitas anak bermain gadget, bertemu dengan teman sebaya ini juga bisa melatih anak dalam bersosialisasi. Anak pasti juga akan senang jika bertemu teman yang seusianya.

  1. Membatasi penggunaan paket data internet

Jika anak suka bermain gadget karena game online, sosial media, atau hal yang berhubungan dengan online lainnya, maka membatasi penggunaan paket data internet pada anak bisa menjadi salah satu solusinya.

Demikian tadi beberapa tips mengatur penggunaan gadget pada anak. Semoga anak Anda tidak kecanduan gadget lagi.

Anak Kecanduan Gadget? Ini Dia 7 Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak
Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •